Perlukah kita mengkonsumsi suplemen BCAA ?

  • Whatsapp
banner 468x60

VivaGenerik.co.id – Sudah minum susu whey, masih perlukah kita mengkonsumsi suplemen BCAA ? Banyak orang khusus nya pemula pastinya bertanya-tanya tentang apa itu BCAA manfaat dan fungsinya dalam dunia gym.

Kehadiran suplemen BCAA sebenarnya bukanlah suatu keharusan untuk dikonsumsi. Karena susu whey sebenarnya juga sudah mengandung BCAA juga !

Namun akan jauh lebih baik hasilnya jika anda mengkonsumsi suplemen ini terutama untuk kalangan atlet profesional.

Pengertian dan manfaat suplemen BCAA

Seperti yang kita ketahui bahwa asam amino merupakan penyusun protein yang secara umum terbagi menjadi dua bagian yaitu Asam amino esensial dan asam amino non esensial.

BCAA atau dalam bahasa inggris nya yaitu Branched Chain Amino Acid, merupakan Asam amino esensial yang mempunyai peran penting dalam pembentukan otot.

Asam amino esensial secara umum mempunyai 9 jenis yaitu Histidine, Isoleucine, Leucine, Lysine, Methionine, Phenylalanine, Threonine, Tryptophan, Valine.

Nah, dari ke sembilan asam amino esensial tersebut, tiga diantara nya sering kita sebut dengan BCAA. Isoleucine, Leucine, dan valine merupakan asam amino yang bentuknya dalam struktur kimia memiliki rantai bercabang.

Karena bentuknya yang bercabang inilah ketiga asam amino ini sering disebut dengan BCAA. Dalam pembentukan otot, asam amino yang paling berkontribusi besar perannya adalah ketiga asam amino esensial tersebut. (Meskipun demikian asam amino lain juga punya peran lain yang tidak boleh kita abaikan)

Dengan hadirnya suplemen BCAA, kita bisa mengkonsumsi protein yang kandungan proteinnya cuma tiga jenis tersebut yaitu Isoleucine, Leucine, dan valine. (Dalam bahasa Indonesia disebut juga : isoleusin, leusin, valin)

Manfaat mengkonsumsi suplemen BCAA

Bagi seorang atlit binaraga atau yang ingin membesarkan otot, mengkonsumsi suplemen BCAA mempunyai dampak yang sangat baik untuk tubuh.

Ada beberapa manfaat jika anda mengkonsumsi suplemen BCAA secara teratur.

Asupan BCAA pada tubuh dapat membantu meningkatkan kadar insulin dan bisa menghemat glikogen otot. Jika anda sudah punya otot besar, pastinya tidak ingin kalau bobot nya berkurang atau mengecil bukan ?

Mengkonsumsi suplemen BCAA sebelum latihan dapat membantu pemeliharaan otot dan bisa membantu menjaga keseimbangan hormon.

Perlu kita ketahui bahwa hormon yang stabil sangat penting untuk pengendalian emosi maupun metabolisme tubuh secara keseluruhan.

selain itu orang yang mengkonsumsi suplemen BCAA sebelum latihan juga akan mendapatkan tenaga yang lebih besar dan lama saat angkat beban.

Gabungan asam amino Isoleusin, Leusin, dan Valin merupakan sumber utama yang digunakan otot untuk berkontraksi. Dengan demikian anda tidak akan mudah kelelahan dan tentunya proses pemulihan bisa lebih cepat.

Perlukah kita mengkonsumsi suplemen BCAA saat sudah minum susu whey ?

Suplemen whey protein yang umumnya kita kenal dengan produk susu biasa tersedia dalam bentuk bubuk. Sedangkan suplemen BCAA biasanya berbentuk kapsul.

Tidak ada kewajiban untuk mengkonsumsi suplemen BCAA sebab jika kita sudah minum susu whey sebenarnya juga sudah mengandung BCAA.

Saat kita minum susu whey, tubuh kita sudah mendapatkan ke sembilan asam amino esensial tersebut, termasuk Isoleusin, Leusin, dan Valin.

Namun bagi seorang atlet profesional biasanya kandungan BCAA pada susu whey masih dirasa kurang banyak. Sehingga mengkonsumsi suplemen BCAA bisa menjadi solusi bagus agar asupan asam amino rantai bercabang tersebut bisa terpenuhi.

Anda bisa menggunakan susu whey saja atau bisa juga menggunakan bersamaan dengan suplemen BCAA agar hasil nya lebih maksimal.

Namun untuk pemula sebaiknya memulainya dari mengkonsumsi susu whey terlebih dahulu. Barulah kemudian menggunakan BCAA jika latihannya semakin intens.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *