Mengenal Kredit Multiguna dan ragam jenisnya

  • Whatsapp
banner 468x60

Vivagenerik.co.idBerbagai lembaga pinjaman selalu menawarkan layanan dan produk yang berbeda. Bahkan, setiap produk pinjaman juga memiliki target market yang berbeda juga. Selain itu, persyaratan pengajuan pinjaman juga dipengaruhi oleh pilihan dari calon nasabah. Nominal pinjaman yang lebih besar biasanya akan membutuhkan persyaratan tambahan. Hal ini yang bisa anda pertimbangkan untuk menggunakan produk pinjaman Kredit Multiguna. Produk ini memiliki karakteristik yang sangat berbeda dibandingkan lainnya. Biasanya persyaratan yang diberlakukan juga disesuaikan dengan kebijakan dari bank atau lembaga pinjaman lainnya. Ada juga banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan bila mengajukan pinjaman produk ini.

 

Definisi sederhana dari Kredit Multiguna

Secara sederhana, Kredit Multiguna merupakan salah satu produk yang berasal dari lembaga pinjaman seperti bank yang menawarkan layanan atau fasilitas pinjaman dengan agunan. Jaminan asset yang menjadi agunan itu akan mempengaruhi nominal dari pinjaman yang diberikan. Semakin besar taksiran dari asset yang diberikan maka perhitungan dari pinjaman yang anda dapatkan juga dianggap lebih besar. Namun, pengajuan untuk pinjaman ini biasanya membutuhkan waktu verifikasi yang cukup lama. Keputusan dari pihak bank juga disesuaikan dengan kondisi dari asset. Hal ini yang membuat anda harus bersabar untuk mendapatkan persetujuan dari bank. Bank atau lembaga pinjaman lainnya berhak untuk menolak jenis asset yang menjadi agunan.

 

Ragam jenis dari Kredit Multiguna yang wajib anda pahami

Hingga kini ada beberapa pilihan jenis dari produk Kredit Multiguna yang bisa dicoba. Masing-masing dari pilihan layanan pinjaman ini biasanya dibedakan sesuai dengan kategori asset. Namun, kebijakan seperti ini akan berlaku pada bank yang berbeda. Apalagi beberapa bank atau lembaga pinjaman juga memiliki ketentuan terhadap pilihan jenis asset yang menjadi agunan. Ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi para calon nasabah untuk mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan juga bahwa pilihan dari jenis pinjaman ini memang diperhitungkan dengan sangat baik. Berikut ini ada beberapa ragam dari jenis Kredit Multiguna yang bisa menjadi pilihan bagi calon nasabah seperti:

1. Kredit jaminan sertifikat rumah

Ini merupakan salah satu jenis Kredit Multiguna yang sangat populer di banyak kalangan. Hal ini dikarenakan jenis kredit seperti ini memberikan kesempatan bagi banyak nasabah untuk mendapatkan nominal pinjaman yang lebih besar. Apalagi sebagian besar dari properti rumah juga memiliki nilai taksir yang sangat besar dan terus meningkat setiap tahun. Banyak para nasabah yang menggunakan produk ini untuk mendapatkan kemudahan proses verifikasi. Namun, anda juga harus ingat bahwa sebagian besar dari bank juga memiliki kebijakan terhadap pemberian dan persetujuan dari pengajuan yang dilakukan. Biasanya ini berkaitan dengan seluruh legalitas yang anda miliki, termasuk sertifikat rumah menjadi jaminan.

2. Kredit jaminan mobil

Anda juga bisa mencoba untuk memilih produk layanan pinjaman ini. Kredit seperti ini membutuhkan jaminan kendaraan seperti mobil. Sebagian besar dari nasabah yang melakukan pengajuan pinjaman ini biasanya membutuhkan dana yang cukup besar juga. Penawaran dari produk ini bisa berasal dari banyak lembaga pinjaman seperti bank atau leasing hingga pegadaian. Masing-masing dari lembaga pinjaman akan memberlakukan ketentuan dan persyaratan terhadap kategori mobil yang menjadi jaminan. Biasanya ini berkaitan dengan tahun kendaraan itu. Bila anda membutuhkan nominal pinjaman yang cukup besar tentu saja akan membutuhkan jaminan mobil dengan tahun kendaraan yang masih tergolong lebih muda atau lebih baru.

3. Kredit jaminan emas

Saat ini sudah banyak lembaga pinjaman yang menawarkan jenis Kredit Multiguna dengan jaminan emas. Namun, anda juga harus menghitung jenis dan nominal dari emas yang akan menjadi jaminan. Beberapa lembaga pinjaman menerapkan kategori khusus untuk agunan berupa emas. Misalnya saja emas yang menjadi jaminan merupakan produksi dari Antam. Perhitungan dari nilai pinjaman yang anda dapatkan juga akan berdasarkan dari berat jaminan dan harga pasar yang ditetapkan pada saat itu. Emas merupakan salah satu logam mulia yang memiliki harga sangat fluktuatif. Hal ini yang membuat anda sebaiknya mengajukan pinjaman pada saat harga jual emas sedang meningkat.

4. Kredit jaminan deposito atau surat berharga

Sebagian besar dari bank memberikan kesempatan bagi banyak nasabah yang memiliki deposito untuk mengajukan kredit multiguna. Namun, biasanya kebijakan dari bank hanya akan menerima bilyet deposito yang diterbitkan oleh bank itu juga. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses verifikasi yang dibutuhkan oleh pihak bank. Nominal pinjaman yang disetujui dari pihak bank juga akan disesuaikan dengan jumlah deposito. Semakin besar nilai deposit yang anda miliki maka akan semakin besar juga nominal pinjaman yang dipertimbangkan pihak bank. Selama anda mengajukan pinjaman untuk produk kredit ini maka anda tidak bisa melakukan pencairan deposito.

5. Kredit jaminan SK kerja

Ini merupakan salah satu dari penawaran yang sering diberikan kepada ASN atau pejabat lainnya. Bank memudahkan proses pengajuan dari produk kredit dengan menggunakan kredit SK Kerja. Nominal pinjaman yang akan diberikan juga disesuaikan dengan jabatan, golongan hingga jumlah gaji yang diterima. Semakin tinggi jabatan yang anda miliki di lingkup pemerintahan maka jumlah pinjaman yang didapatkan juga akan semakin tinggi.

 

Pengajuan Kredit Multiguna secara online

Pengajuan Kredit Multiguna secara online

Saat ini anda akan semakin dimudahkan dengan berbagai layanan Kredit Multiguna melalui platform online. Ada berbagai pilihan platform online yang digunakan untuk membantu pengajuan pinjaman. Namun, anda juga harus melakukan pertimbangan dari pilihan platform online itu. Biasanya beberapa platform online itu juga memiliki persyaratan khusus bagi para nasabah. Berikut ini ada beberapa pilihan tips untuk memilih platform online dalam pengajuan kredit atau pinjaman multiguna seperti:

1. Pertimbangkan persyaratan yang ditetapkan

Tips seperti ini dianggap sangat penting bagi anda untuk mengajukan pinjaman kredit multiguna melalui platform online. Setiap platform menerapkan kebijakan dalam persyaratan yang berbeda. Bahkan, anda bisa membandingkan seluruh persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan jumlah pinjaman. Cobalah untuk memilih platform yang menawarkan kemudahan dari seluruh persyaratan.

2. Perlindungan data nasabah

Ini sangat penting untuk anda pertimbangkan dalam jangka waktu yang sangat lama. Biasanya platform online akan melakukan verifikasi data sesuai dengan seluruh informasi yang diberikan. Pastikan bahwa anda mendapatkan jaminan perlindungan data nasabah. Apalagi terdapat berbagai rincian data yang sangat penting seperti NIK, No KK hingga no NPWP.

3. Berada di pengawasan dan memiliki ijin OJK

Tentu saja ini merupakan hal yang paling penting saat anda memilih platform online dalam mengajukan pinjaman multiguna. Pastikan bahwa platform online itu berada di bawah pengawasan OJK. Selain itu, platform itu juga memiliki ijin OJK untuk melakukan kegiatan finansial dan melibatkan pihak lainnya.

4. Memiliki layanan customer service

Cobalah anda memilih platform online yang memiliki layanan customer service selama 24 jam. Layanan ini akan membantu anda bila mengalami kendala teknis atau membutuhkan informasi yang berkaitan dengan pinjaman multiguna.

 

banner 300x250
banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *