Membongkar penipuan amino spiking ! Awas protein palsu !

  • Whatsapp
banner 468x60

VivaGenerik.co.id – Mari kita membongkar penipuan amino spiking yang ada pada susu whey dan susu penambah berat badan. Jangan tergiur dengan harga yang lebih murah sekalipun kandungan protein susu nya lebih tinggi.

Semakin ketatnya persaingan antar produsen susu membuat semua nya untuk berlomba-lomba mempromosikan produknya kepada konsumen.

Tidak heran jika sekarang banyak sekali varian susu yang tentunya dapat membuat bingung orang awam ketika ingin membelinya.

Kandungan protein yang tinggi pada susu tentunya menjadi incaran utama para konsumen. Apalagi jika anda seorang atlet binaraga atau seorang yang mulai aktif dalam dunia fitness.

Pastinya akan tertarik untuk membeli suplemen susu agar bisa mendapatkan asupan tinggi protein untuk bisa membesarkan massa otot dan pemeliharaan jangka panjang.

Jika seseorang yang kondisi tubuhnya terlalu kurus maka biasanya lebih memilih susu weight gainer yang kandungannya tidak hanya tinggi protein tetapi juga tinggi kalori.

Sedangkan seseorang yang sudah memiliki berat badan cukup ideal dan lebih menginginkan untuk membesarkan otot maka susu whey bisa menjadi pilihan terbaik nya.

Meskipun demikian baik susu whey dan susu weight gainer sama-sama mengandung tinggi protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Protein termasuk kategori makro nutrisi yang artinya termasuk golongan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak.

Karena itulah seseorang yang ingin memelihara dan membesarkan ototnya dengan cepat harus membutuhkan asupan protein lebih banyak.

Namun karena ketatnya persaingan dalam industri susu membuat sebagian produsen susu untuk mencoba “menipu” konsumennya agar bisa mendapatkan untung lebih. Kebanyakan mereka menggunakan teknik amino spiking pada produk susu nya baik itu yang jenis whey maupun susu weight gainer.

Membongkar penipuan amino spiking, apa itu protein spiking ?

Protein spiking atau amino spiking adalah sebuah istilah untuk menunjukan komposisi asam amino yang tidak wajar pada suplemen susu berprotein.

Produsen susu biasanya mempromosikan suplemen nya dengan kandungan protein yang lebih tinggi dengan harga lebih murah agar konsumen bisa tertarik untuk membelinya.

Tindakan curang ini biasa dilakukan dengan dengan cara amino spiking atau mengurangi jumlah asam amino esensial, lalu menambahkan asam amino yang non esensial. Dengan demikian jumlah total kandungan protein nya akan tetap sama.

Seperti kita ketahui bahwa protein terdiri dari 20 asam amino yang 9 nya adalah asam amino esensial, sedangkan yang 11 nya lagi bersifat non esensial.

Dalam hubungannya dengan membangun massa otot, asam amino esensial lah yang punya peran lebih besar untuk pembentukan otot.

Sedangkan asam amino non esensial meskipun tidak kita konsumsi sebenarnya tubuh manusia juga sudah bisa memproduksi nya sendiri secara otomatis.

Jadi jika kita membeli susu yang mengandung tinggi protein tetapi ternyata itu hanyalah amino spiking, bukankah itu sangat merugikan konsumen ?

Tips membeli susu yang bukan amino spiking

Berikut ini sedikit tips untuk membedakan antara susu yang amino spiking dengan susu yang benar-benar mempunyai protein berkualitas.

Saat membeli entah apapun merk susu nya, pertama kita lihat dahulu kandungan protein nya dalam kemasan. Setelah itu carilah informasi kandungan asam amino nya secara detail.

Jika pada kemasan susu tidak dicantumkan sama sekali kandungan asam amino nya, maka sebaiknya kita patut curiga dan hindarilah untuk membeli susu tersebut. Sebab kita tidak tahu komposisi asam amino nya secara pasti apakah amino spiking atau bukan .

Sebaliknya jika pada kemasan susu sudah tertera komposisi asam amino nya, perhatikan dengan teliti kandungan asam amino nya.

Perhatikan apakah komposisi asam amino nya sudah wajar ? Atau justru kandungan asam amino esensial nya sangat sedikit (nyaris tidak ada), sedangkan yang non esensial malah cenderung lebih banyak ?

Contoh kebanyakan susu yang termasuk amino spiking adalah memiliki kandungan asam amino non esensial seperti glisin yang jumlah nya tidak wajar.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *