Ini dia bahaya sering terlambat makan

  • Whatsapp
banner 468x60

Vivagenerik.co.id Sebagian besar orang yang memiliki kesibukan biasanya mengalami terlambat makan. Hal ini disebabkan karena pola dari pekerjaan yang tidak teratur. Tentu saja ada berbagai pengaruh yang membuat seluruh jadwal makan akan berubah. Padahal, pola makan yang tidak teratur hingga mengalami keterlambatan justur memberikan pengaruh yang sangat buruk bagi tubuh. Bahkan, ini juga akan menghambat metabolisme pada tubuh akan terhambat. Kondisi ini sebaiknya harus segera dirubah untuk menghindari berbagai penyakit atau kondisi yang berbahaya bagi tubuh. Ini juga yang membuat kamu harus mengenali berbagai bahaya sering terlambat makan.

 

6 bahaya sering terlambat makan

Tentu saja tubuh membutuhkan nutrisi penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Selain itu, konsumsi secara teratur juga memberikan manfaat yang sangat penting bagi tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Bila kamu mengalami keterlambatan dalam jadwal makan sebaiknya segera dirubah. Ada berbagai bahaya sering terlambat makan yang akan memberikan dampak buruk. Berikut ini 6 dampak buruk bagi kamu yang sering terlambat makan seperti:

  1. Gangguan pada metabolism tubuh

Ini adalah salah satu dari bahaya sering terlambat makan yang wajib untuk kamu pahami. Tubuh juga membutuhkan nutrisi untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan menjadi lebih baik. Apalagi hal ini berkaitan dengan seluruh kesehatan organ. Bila nutrisi yang berasal dari makanan tidak masuk ke tubuh secara teratur tentu saja akan mengganggu seluruh proses peningkatan metabolime. Bahkan, hal ini cenderung akan membuat tubuh tidak berkembang sama sekali. Misalnya saja metabolisme itu berkaitan dengan fungsional dari banyak organ tubuh seperti saluran pencernaan, jantung, hati, lambung dan lainnya. Kondisi yang lebih buruk justru akan membuat kesehatan juga terganggu.

  1. Iritasi pada usus

Usus yang menjadi bagian penting dari saluran pencernaan tentu saja akan mendapatkan dampak yang sangat buruk bila kamu sering terlambat makan. Kinerja usus akibat tidak adanya nutrisi akan semakin terganggu. Bahkan, dalam kondisi yang cukup buruk biasanya usus akan mengalami iritasi. Kondisi seperti ini akan membuat kamu akan semakin sulit untuk mengkonsumsi makanan dan terasa mual. Selain itu, iritasi pada bagian usus memang akan mengganggu pencernaan menjadi tidak stabil.

  1. Stress berlebihan

Bahaya lain yang patut diwaspadai adalah stress berlebihan. Kinerja otak juga membutuhkan nutrisi yang seimbang dan berkualitas. Hal ini bisa kamu dapatkan dari seluruh makanan yang dikonsumsi secara teratur. Namun, bila kamu sering mengalami terlambat makan maka jumlah nutrisi yang dibutuhkan otak juga akan berkurang. Apalagi kondisi seperti ini diperburuk dengan rasa nyeri pada perut akibat nutrisi yang tidak masuk sama sekali. Rasa sakit yang terlalu berlebihan justru akan membuat kamu semakin mudah stress. Tubuh memang memiliki respon yang sangat alami untuk melakukan perlawatan terhadap rasa nyeri. Kamu harus ingat apabila kondisi ini semakin buruk maka kinerja otak juga akan semkain terganggu.

  1. Radang lambung

Bahaya sering terlambat makan lainnya yang patut untuk diwaspadai adalah radang lambung. Ini terjadi karena kinerja lambung yang semakin terganggu akibat nutrisi yang tidak ada sama sekali untuk diproses. Kamu harus ingat bahwa lambung merupakan salah satu dari jenis organ tubuh yang memiliki peran penting dalam mengolah seluruh nutrisi. Bila tidak terdapat makanan yang masuk ke dalam tubuh maka tingkat asam di dalam lambung akan semakin meningkat secara berlebihan. Ini membuat lambung mengalami iritasi bahkan luka ringan. Sebagian dari kamu mungkin akan merasakan maag hingga nyeri di bagian perut. Pada kondisi yang lebih buruk biasanya asam lambung akan bergerak ke bagian ulu hati yang semakin membuat rasa nyeri semakin lebih sakit.

  1. Mudah lelah

Tentu saja kamu akan merasakan kondisi seperti ini bila sering terlambat makan. Kamu harus ingat bahwa nutrisi yang berasal dari makanan juga akan membantu untuk mengendalikan jumlah gula darah. Bila gula darah terlalu rendah maka akan membuat kamu merasa mudah lelah dan tidak memiliki energi sama sekali. Level glukosa yang dianggap terlalu sedikit akan mempengaruhi seluruh kinerja pada fungsi organ tubuh. Tentu saja ini membuat kamu tidak bisa melakukan berbagai kegiatan yang dianggap terlalu berat. Salah satu ciri yang paling terlihat adalah bagian sekitar wajah yang sangat pucat.

  1. Sakit kepala berlebihan

Hal lain yang akan kamu alami saat sering terlambat makan adalah sakit kepala berlebihan. Biasanya ini terjadi karena homon yang dikeluarkan di sebaigan dari tubuh semakin banyak. Kondisi itu membuat sebagian dari pembuluh darah menyempit. Akibatnya aliran darah ke seluruh bagian tubuh juga tidak lancar, termasuk ke bagian kepala. Ini membuat kamu akan merasakan sakit kepala yang sangat berlebihan akibat aliran darah ke bagian kepala yang tidak lancar sama sekali.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *