Cara mengatasi perut keroncongan berlebihan

  • Whatsapp
banner 468x60

Vivagenerik.co.idSebagian orang mungkin pernah mengalami perut keroncongan. Biasanya hal ini terjadi karena tubuh belum menerima sedikitpun asupan nutrisi. Kondisi seperti ini juga akan cukup menganggu. Apalagi pada saat perut mengalami keroncongan biasanya akan mengelurkan bunyi yang cukup berisik. Selain itu, kondisi ini juga akan membuat kamu mengalami rasa perih pada bagian perut. Asam lambung yang semakin meningkat menambah kondisi yang cukup buruk akibat perut keroncongan dalam waktu yang cukup lama. Ini membuat kamu harus menerapkan cara mengatasi perut keroncongan berlebihan dengan metode yang cukup mudah. Apalagi metode itu juga akan membuat kamu terhindar dari penyakit asam lambung atau maag.

 

6 cara mengatasi perut keroncongan berlebihan yang bisa dicoba

Tentu saja ada banyak orang yang lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan dengan cukup banyak dalam mengatasi perut keroncongan. Namun, hal itu justru akan membuat kondisi sistem pencernaan semakin tidak stabik. Selain itu, kamu juga harus memahami kondisi dari bagian perut yang belum menerima asupan nutrisi apapun. Cobalah untuk menerapkan beberapa cara mengatasi perut keroncongan berlebihan yang lebih aman. Hal ini memang dilakukan untuk melindungi sistem pencernaan agar bekerja lebih maksimal. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi kondisi perut keroncongan seperti:

  1. Asupan nutrisi secara teratur

Salah satu cara mengatasi perut keroncongan berlebihan adalah dengan mengkonsumsi nutrisi secara teratur. Hal ini bisa kamu lakukan dengan makan makanan utama dengan porsi yang lebih sedikit namun secara berkala. Biasanya beberapa ahli nutrisi menyarankan untuk mengkonsumsi makanan utama 3-4 kali dalam sehari. Perhatikan juga bahwa porsi dari nutrisi yang dikonsumis juga tidak berlebihan. Metode seperti ini memang dianggap lebih ideal untuk menghindari perut yang berbunyi secara berlebihan. Apalagi asupan nutrisi yang masuk dengan porsi lebih sedikit namun teratur akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Bahkan, sistem pencernaan juga akan bekerja dengan sangat baik.

  1. Makan dengan perlahan

Hal lain yang harus diperhatikan tentu saja dengan makan secara perlahan. Kamu harus ingat bahwa setiap asupan makanan yang masuk ke dalam perut biasanya akan berbarengan dengan udara. Semakin cepat kamu makan maka jumlah udara yang masuk ke dalam tubuh juga semakin banyak. Ini yang membuat kamu harus mencoba untuk mengkonsumsi makanan utama secara perlahan. Selain itu, cara ini juga akan mempermudah proses pencernaan yang dilakukan di dalam usus. Biasanya produksi enzim di mulut juga dianggap sangat ideal untuk jangka panjang.

  1. Minum air putih secukupnya

Ini merupakan cara yang paling sederhana untuk meredam perut keroncongan. Cobalah minum air putih secukupnya. Metode ini juga bisa dilakukan untuk meringankan kondisi perut yang sedang kelaparan. Namun, kamu harus ingat bahwa jumlah air putih yang dikonsumsi juga tidak terlalu berlebihan. Hal itu akan memberikan dampak yang sangat buruk. Air putih yang dikonsumsi secukupnya juga membantu untuk membuat sistem pencernaan tidak mengalami infeksi. Mungkin kamu juga bisa meminum air putih secukupnya sebelum makan.

  1. Kurangi konsumsi makanan dengan asam tinggi

Cara mengatasi perut keroncongan berlebihan lainnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung asam sangat tinggi. Kamu harus ingat bahwa sebagian dari penyebab perut keroncongan akibat jumlah produksi gas di dalam sistem pencernaan dianggap terlalu berlebihan. Hal itu juga akan membuat perut akan mengeluarkan gas dan memenuhi seluruh saluran pencernaan. Beberapa masakan dengan kandungan asam tinggi seperti soda, buahan, tomat hingga minuman mengandung kafein tinggi. Efek samping lainnya bahkan bisa mempengaruhi fungsional dari lambung. Hal itu justru akan membuat peningkatan asam lambung semakin lebih buruk.

  1. Berjalan perlahan setelah makan

Cobalah untuk melakukan pergerakan ringan seperti berjalan setelah kamu makan. Biasanya metode ini juga akan mempermudah proses pencernaan di dalam sistem. Selain itu, pergerakan dari makanan yang berada di sistem pencernaan juga akan lebih sempurna. Ini membantu metabolisme pada tubuh. Bahkan, kegiatan berjalan ringan setelah makan akan mengurangi penumpukan lemak di bagian perut yang dianggap sebagai penyebab dari perut buncit. Pastikan juga bahwa kondisi tubuh kamu mendukung untuk melakukan pergerakan jalan ringan.

  1. Hindari stress berlebihan

Kamu harus ingat bahwa kondisi stress yang sangat berlebihan akan mempengaruhi fungsi dari sistem pencernaan. Selain itu, stress juga bisa meningkatkan asam lambung menjadi lebih berlebihan. Cobalah untuk menghindari stress yang terlalu larut. Mungkin kamu juga bisa mencoba untuk mengelola stress dengan baik sehingga produksi asam di bagian sistem pencernaan tidak berlebihan. Gangguan pada sistem pencernaan justru akan membuat metabolisme juga akan terganggu. Hal ini akan membuat perut mengeluarkan bunyi yang dianggap sangat mengganggu. Kamu juga bisa istirahat dengan waktu yang cukup agar terhindar dari stress.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *