Cara mencegah masuk angin pada malam hari

  • Whatsapp
banner 468x60

Vivagenerik.co.idPerubahan gaya hidup yang berlebihan memang akan memberikan dampak yang besar bagi kesehatan tubuh. Salah satunya dengan terus bekerja hingga malam hari. Kamu harus ingat bahwa bekerja pada malam hari tentu saja akan berbeda dibandingkan dengan bekerja di siang hari. Biasanya pada malam hari kelembaban udara cenderung lebih tinggi. Hal ini yang membuat kamu memiliki potensi yang lebih besar untuk masuk angin. Apalagi bila kamu bekerja di luar ruangan untuk jangka waktu yang cukup lama. Kamu harus menggunakan beberapa metode dan cara untuk mencegah masuk angin pada malam hari. Hal itu juga akan melindungi kamu dari berbagai penyakit.

 

6 cara mencegah masuk angin pada malam hari yang bisa dicoba

Kamu bisa menggunakan berbagai cara mencegah masuk angin pada malam hari. Metode yang diterapkan juga cukup sederhana. Selain itu, hal ini akan melindungi kamu bila memang memiliki pekerjaan yang harus dilakukan hingga larut malam. Namun, kamu harus ingat bahwa pencegahan yang dilakukan juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Apalagi suhu udara pada malam hari sering berubah dengan cepat. Berikut ini ada 6 cara dan metode untuk mencegah masuk angin pada malam hari seperti:

  1. Menggunakan jaket yang tebal

Ini adalah salah satu metode mencegah masuk angin pada malam hari yang paling penting untuk dilakukan. Pada saat kamu melakukan aktivitas di dalam maupun luar ruangan sebaiknya gunakan jaket yang cukup tebal. Hal ini akan melindungi tubuh kamu dari angin malam yang cukup buruk. Selain itu, jaket yang lebih tebal juga membuat tubuh lebih hangat sehingga terhindar dari masuk angin. Bahkan, saat terdapat pilihan jaket yang memiliki lapisan tertentu untuk menghadang angin untuk menembus ke bagian tubuh. Ini akan memberikan keuntungan yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh saat berkegiatan di malam hari.

  1. Minum minuman penghangat tubuh

Kamu juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi minuman khusus yang memberikan kehangatan bagi tubuh. Saat ini ada banyak pilihan minuman kesehatan yang menjaga kondisi tubuh agar tetap hangat meskipun melakukan kegiatan di luar ruangan. Salah satunya dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung ekstrak jahe. Minuman seperti ini memang sudah teruji memiliki manfaat yang sangat penting agar tubuh terhindar dari masuk angin. Namun kamu harus ingat untuk mengkonsumsi jahe sesuai dengan kebutuhan. Bila kamu melakukan kegiatan di luar ruang untuk waktu yang cukup lama cobalah untuk mengkonsumsi minuman jahe dalam porsi yang lebih banyak. Pastikan bahwa kamu lebih memilih ekstrak jahe alami daripada minuman kemasan.

  1. Tidak mengkonsumsi es

Kamu harus menghindari konsumsi es dalam bentuk apapun. Hal yang paling penting untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki suhu lebih dingin. Kondisi seperti ini justru akan membuat badan kamu mengalami adaptasi untuk menerima es yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Itu yang membuat kamu semakin mudah untuk masuk angin. Selain itu, konsumsi es pada malam hari justru akan membuat kondisi tubuh semakin buruk. Salah satu efek samping dari konsumsi es pada malam hari tentu saja tenggorokan yang terasa lebih perih.

  1. Tidak mengunyah permen karet

Cara lain dari mencegah masuk angin pada malam hari yang wajib kamu lakukan adalah tidak mengunyah permen karet. Kamu harus ingat bahwa mengunyah permen karet akan mempermudah udara untuk masuk ke saluran pernapasan melalui mulut. Hal itu justru semakin memudahkan kamu untuk masuk angin. Bahkan, permen karet yang dikunyah terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan mulut hingga gigi. Ini dikarenakan seluruh bakteri dan kuman akan mudah menyatu di bagian sela gigi. Permen karet yang dikunyah secara berlebihan juga membuat produksi enzim di bagian mulut juga berlebihan. Bahkan, udara yang masuk ke bagian saluran pencernaan akan membuat asam lambung cepat meningkat. Ini akan merugikan kesehatan bagi kamu pada malam hari.

  1. Tidak merokok

Merokok memang memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Apalagi bila kamu merokok pada malam hari justru akan memperbesar peluang untuk masuk angin. Asap yang dihasilkan oleh rokok tentu saja akan masuk ke saluran pernapasan melalui tenggorokan atau hidung. Kondisi seperti ini justru akan membuat metabolisme tubuh terganggu. Bahkan, bila dilakukan untuk waktu yang lebih lama justru akan membuat tubuh tidak memiliki daya tahan untuk menghindari masuk angin.

  1. Kurangi bekerja hingga larut malam

Cobalah untuk membatasi pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan pada malam hari. Hal ini bisa kamu terapkan dengan menentukan jam tertentu untuk istirahat. Kondisi seperti ini dilakukan pada saat kamu menyelesaikan kegiatan atau pekerjaan di dalam maupun luar ruangan.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *